Tuesday, January 5, 2010

Perjalanan Lepas Pantai

Area kerja Lepas Pantai..

Gue ga kebayang bs maen2 ke area kerja lepas pantai di perusahaan pengeboran minyak.
Kerja di perusahaan minyak memang udah jadi impian gue dari dulu sbnrnya.. dan alhamdulillah tahun 2006 mimpi gue itu dikabulkan oleh Allah SWT.
Di perusahaan minyak pertama tempat gue kerja area kerja nya hampir semua on shore alias di darat.
Pergi ke lapangan jg dah pernah gue jabanin dulu..
Akhirnya di tahun 2009 gue pindah ke perusahaan minyak lainnya yg untuk area pengeboran minyak dan gas nya ada di laut atau lepas pantai...
Impian untuk tahu seperti apa sih area pengeboran minyak atau fasilitas produksi di lepas pantai akhirnya terjawab di bulan Juli 2009, padahal gue baru 1 bulan masuk ke perusahaan itu..
Deg2an campur penasaran akhirnya gue berangkat juga..
Trip nya lumayan jauh..
Dari bandara halim pesawatnya take off jam 6 pagi saudara saudara..
Perjalanan ke base di Pulau Matak, Kepulauan Riau itu kurang lebih 2 jam 30 menit (luaaamaaa yaaa)
Dan kita pake pesawat ini nih.. pesawat kecil jenis ATR42-500 dengan kapasitas penumpang 42 orang dan pastinya pake baling2... hehehehehe..

Tapi perjalanan belum selesai.. gue harus melanjutkan lagi perjalanan pake helikopter.. Jarak dari Pulau Matak ke area kerja kantor gue ini kurang lebih 200km dan akan ditempuh selama 45 menit untuk sampai FPSO nya. Nah pas nyampe FPSO nya kira2 gambarannya spt ini..

Asli dari pertama berangkat dari Halim sampai akhirnya duduk di kamar di dalam FPSO, gue ga bs tidur.. karena deg deg ser ga tau perjalanannya akan seperti apa. Dan untuk menghilangkan jetlag akhirnya muter2 ngeliat isi FPSO itu dan minum di mess hall nya. Tapi ga lupa foto dulu dari deck paling atas (safe zone) nya FPSO itu dan ini hasilnya hahahahahahaha

Karena masih capek akhirnya gue stay sebentar di kamar untuk bisa rebahan biar lurus dikit nih badan daripagi ampe akhirnya sekitar jam 2 siang nyampe di FPSO.. Iseng liat keluar dari jendela kamar itu.. dan wawww isinya cuma air doang hehehe.. dan model kamarnya itu kayak asrama pake bunk bed itu.. Kalau ombak lagi tinggi, tidurnya agak diayun2.. kalau dah capek banget enak tuh kyk tidur di ayunan hehehe.. (FYI ombak paling tinggi yg pernah gue alamain selama 2 kali kesana itu 3,2meter.. dan bulan desember 09 kemarin sempet 6 meter jdnya kacau beliau tuh tidurnya goyangnya dahsyat tp gue ga disana Alhamdulillah)
Ya kalau gue sih bilangnya kalau lagi ke sana bilangnya tidur di " Sea View Hotel " hehehehe..
Dan ini nih pemandangan dari dalam kamar..

Dan pastinya kalau lagi di offshore tidak lengkap kalau ga liat platform dimana sumber pendapatan perusahaan ada disitu.. lo bs liat wellhead di atas platform dan kalau lagi beruntung bs liat rig yg lagi ngerjain pengeboran sumur baru utk nambah produksi.. serunya lagi.. kalau ke platform itu kita bakal naik boat.. boat nya itu gede menurut gue soalnya emang harus bgitu karena kedalaman si laut itu kurang lebih 100 meter .. jadi kalau pake boat kecil ga kebayang goyangannya kehantem ama arus..
Dengan pemandangan yang relatif sama sepanjang jalan akhirnya tiba juga di platform.. nah dari FPSO ke boat dan dari boat ke platform kita itu diangkat pake personnel basket.. jadi agak deg2an jg diayun diatas laut utk bisa naik ke platform dari boat.. kurang lebih bentuk platform dan cara naiknya bs diliat nih..

So temen2 yg penasaran ama yg namanya area kerja pengeboran minyak dan gas lepas pantai inilah bentuknya...

Sekian dan terima kasih..
05.01.10 13.48 TY

1. wahh menarikkkk... gw selalu menganggap off-shore plant itu menarik lho. Dan pastinya banyak gak tenangnya kalo lagi job di situ qiqiqi...
    Well done!

2. iyaa put.. soalnyaa itu kan jauh bener dari mana2.. jd kl ada apa2 repot.. kl ampe sakit aja diterbanginnya paling deket ke Singapore.. jd kl dah ombak gede bingung dan pasrah sajaa.. tp pengalaman yg sangat berkesan buat gue dgn berkunjung kesana..

3. Wah iri aku ma mas teguh................
    Dari kecil aku ingin banget kerja di lepas pantai tapi sampe sekarang nda pernah diberi kesempatan, tolong dong kalau ada lowongan di perminyakan lepas pantai bisa beritahu aku, an. name:Akmalsigit
    Age : 35 Th
    Scol: D3 Akademi
    ato hub email: Abadipart@gmail.com

4. aku ingin banget kerja di lepas pantai tapi sampe sekarang nda pernah diberi kesempatan, tolong dong kalau ada lowongan di perminyakan lepas pantai bisa beritahu aku, an. name:Alfiyana